Antara Maag, Lapar, dan Masuk Angin

Dulu, jaman masih sekolah dan kuliah, aku merasa kasian sekaligus kagum sama temen-temen yang punya sakit maag. Kasian karena waktu sakit maag, mereka terlihat tersiksa banget, tapi kagum juga karena terlihat begitu keren. Disaat aku sakit langganannya paling mentok cuma masuk angin (yang diminumin 1 sachet tolak angin udah beres), mereka terlihat antimainstream dengan sakit maag-nya.

Aku bersyukur sih kalo dulu punya lambung yang sehat dan ga rewel kalo makan pedes, kecut atau rasa yang aneh-aneh lainnya, tapi juga penasaran dengan gimana rasanya sih sakit maag itu. Tapi akhirnya rasa penasaranku terjawab. Karena pekerjaanku membuat aku harus mengkonsumsi lumayan banyak kopi tiap harinya, maka yang namanya sakit maag cepat atau lambat akhirnya datang juga. (FYI, aku orang terakhir di lingkungan kerjaku yang akhirnya kebagian sakit maag juga. Mereka udah pada ngerasain sakit maag level dewa). Dan ternyata sakit maag itu GAK ENAK BANGEETT. Jadi ga perlu iri atau penasaran sama rasanya sakit maag deh.

Sebagai penderita maag level cupu, aku sering ga bisa bedain antara sakit maag, lapar, dan masuk angin. Pas perut kerasa ga enak (kirain efek lapar) aku makan macem2, tetep ga enak juga, aku minum t*lak ang*n (karena kirain masuk angin) dan tetep ga enak jg, berarti itu sakit maag sodara2. Lama banget yak nyadarnya kalo lagi sakit maag (efek kurang pengalaman juga sih).

Jadi inti dari postingan kurang jelas ini adalah, sayangi lambungmu selagi lambungmu masih sehat. Jangan menyiksa lambung dengan telat makan atau coba makanan dengan rasa-rasa yang ekstrim (pedes level mampus atau asem level setress) karena emang enak di lidah tapi ga enak di perut cuy. Jangan mau makan gituan cuma buat terlihat keren tapi akhirnya nyiksa perut sendiri. Kalo kalian udah punya sakit maag, pintar-pintarlah membedakan antara maag, lapar atau masuk angin sehingga bisa tau apa yang harus dilakukan, dan  bisa mengatasi langsung ke pusat masalah.

Komentar