Liburan di Jogja dan Segala Perintilannya

Long weekend bulan April lalu, aku dan beberapa temen pergi ke Jogja dengan niatan mau keliling Jogja daerah kota dan lihat beberapa museum di sana.
Perjalanan dimulai Jumat jam 20.00 kami dijemput bus di depan kantor. Waktu naik bus, berasa naik wahana 4 dimensi cuy, kursinya goyang-goyang kayak kurang nempel ke busnya. Tapi bukan Jane namanya kalo ga bisa tidur di perjalanan. Walaupun kursi goyang-goyang dan bunyi berisik, tetep tidur aja dong sepanjang jalan.hahahha. Jam 01.00 sampe di Ngawi dan kami makan tengah malam. Biaya tiket busnya udah termasuk biaya makan malam, dapet nasi goreng, telur dadar, teh hangat. Terus perjalanannya lanjut lagi dan agak macet sampe akhirnya jam 05.00 kami sampai di Janti, Jogja dan langsung pesen uber buat ke penginapan.
Sampe di penginapan, istirahat bentar, mandi, terus siap-siap, dan liburan pun dimulai. Ini list tempat yang aku datengi, emang bukan yang hits ala-ala AADC, tapi semoga bisa jadi inspirasi liburan kalian kalo ke Jogja
1. Gudeg Yu Djum
Karena di Jogja, wajib hukumnya buat sarapan gudeg dan skalian aja beli gudeg yang terkenal, Yu Djum (meskipun sebenernya ga paham juga bedanya gudeg berbagai merk ini apa). Awalnya kami pergi ke Yu Djum yang di daerah Malioboro, tapi ternyata nasinya habis, jadi pindah ke Yu Djum lain yang di deket keraton.
Menu gudeg telur ini kalo ga salah 11k per porsinya.

2. Karaton Ngayogyakarta
Udah kenyang lanjut ke destinasi pertama, keraton Jogja. Tiket masuk per orang Rp. 7.500,00, kalo mau foto per kamera dan handphone biayanya seribu rupiah aja. Selama di keraton topi harus dilepas, ini semacam sopan santun untuk menghormati pemilik rumah. Di keraton ini, kita bisa lihat berbagai peninggalan Sultan Hamengku Buwono dari generasi ke generasi. Mulai dari barang kebutuhan sehari-hari sampai penghargaan dari negara semua ada.


Selain itu ada pagelaran wayang kulit dengan gamelan lengkap dan juga museum batik, kalo di museum batik ga boleh ambil foto ya. Pas di museum batik ini, aku didatangi seorang penjaga disana terus terjadilah obrolan singkat berikut
Penjaga (P): "where do you come from?"
Aku (A), sambil masih agak melongo: "Surabaya".
P: sambil malu-malu "oalah mbak, takkira dari Jepang.hahaha"
A: -.- "ini casingnya aja pak hehehe"
Entah mereka kalo lihat aku mungkin keliatan casingnya kayak dorami padahal dalemnya indomie (apaan sih)

3. Tamansari
Setelah dari keraton lanjut ke Taman sari, biaya masuk per orang untuk wisatawan domestik Rp. 5.000,00. Di sana kita muter-muter lihat bangunan dan kolam pemandian yang dulu dipakai raja, selir, dan putra putri raja. Kalo dari brosurnya, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, tapi kok pas kenyataannya area wisatanya yang kelihatan kok cuma dikit ya. Akhirnya coba tanya ke orang yang terlihat seperti orang daerah sana dan ternyata mereka emang nunggu di area tamansari untuk jadi guide. Akhirnya kami diantar ke semua tempat yang ada di brosur itu sih dan dijelaskan lumayan rinci tentang cerita di setiap tempatnya. Tapi ternyata jasa guide-nya lumayan mahal lho. Ngitungnya per kepala, waktu itu kami pergi ber7 dan biayanya 25rb per orang. Kan lumayan mahal yak. Tapi yasudah, mungkin buat pelajaran lain kali nanya dulu aja berapaan harganya.
Yang menarik dari bangunan-bangunan di area tamansari atau yang juga disebut water castle ini adalah bangunannya ga pake semen, cuma batu, pasir dan PUTIH TELUR. Tapi bangunan bisa bertahan dari sejak tahun 1758, walaupun udah ada banyak yang mulai rontok juga sih.




4. Tempo Gelato
Di Jogja ada gelato yang lagi nge-hits nih, namanya Tempo Gelato, semacam Gusto Gelato kalo di Bali. Tempatnya rame bangeeeettt jadi ga enak buat nongkrong lama-lama. Gelato nya lumayan enak sih, harganya wajar kayak gelato pada umumnya Rp. 25.000,00 per cone (dapet 2 rasa), bisa diulangi lagi kalo pas ke Jogja. Tapi mungkin perlu cari tau jam-jam yang agak sepi itu jam berapa. Tempo Gelato ini buka di 2 tempat di Jogja, yang aku datengin yang di jl. Prawirotaman, selain itu ada juga yang di daerah Kaliurang.


5. Warung Bu Komang
Setelah ngadem di Tempo Gelato, mau lanjut jalan-jalan di Malioboro. Tapi karena long weekend cari parkirnya syusyaaahh. Setelah akhirnya dapet parkir (walaupun agak jauh), kami jalan ke Malioboro dan tiba-tiba hujan *ngoookkk* ga asik banget lah. Akhirnya balik masuk mobil lagi, ke Malioboronya ditunda dulu, diganti ke warung bu Komang. Ini semacam nasi Bali gitu, pake daging babi. Enak dan pedes, recommended buat yang doyan babi dan pedes2. Plis jangan tanya kenapa liburannya ke Jogja tapi makannya nasi Bali. Hehehhe.

6. ALKID
Selesai makan, hujan juga udah reda, dan kami lanjut ke tempat hits di Jogja yang ga pernah sepi apalagi pas malem minggu, yaitu ALKID (a.k.a Alun-Alun Kidul). Di Jogja ada dua Alun-Alun yaitu yang di Utara dan Selatan, tapi kayaknya lebih rame yang Selatan. Di AlKid ini yang hits adalah sepeda warna-warni yang dinaikin bareng-bareng temen gini.

Bisa pilih jenis mobil dan hiasannya (ga penting sih ya milih hiasan.hehe). Kami pilih yang muat untuk 9 orang (katanya sih buat 9 orang tapi diisi 7 orang kenapa udah sempit yak). Satu putaran (muterin alun-alun) harganya 70rb untuk semobil. Tapi satu putarannya bisa lumayan lama karena lagi rame banget dan macet. Ada 4 orang yang kayuh sepeda, setir dan rem dipegang sama 1 orang. Awalnya sih semua happy, tapi euforianya menguap dengan cepat karena lama-lama bosen juga efek macetnya yang parah, jadi naik sepedanya ga selesai-selesai. Hahahaha.
Selain itu yang ngehits di AlKid adalah pohon beringin kembar. Banyak yang nyobain jalan ke arah celah antara 2 pohon beringin dengan mata tertutup. Kelihatanmya sih gampang, tapi banyak yang gagal lho. Tapi aku ga tau aturan main yang sebenernya itu gimana, karena ada yang nyoba tanpa diputar dulu, ada juga yang diputar di tempat 3 kali baru disuruh jalan. Mitosnya, kalo bisa sampai diantara 2 pohon itu berarti punya hati yang tulus. Tapi banyak yang sebelum sampai di pohon beringin akhirnya mendadak belok, entah efek pusing karena diputar sebelumnya atau gimana.
Setelah semua nyobain jalan dengan mata tertutup itu, kami lanjut ke Malioboro, keliling-keliling bentar dan berakhir dengan makan ronde. Dan hari pertama berakhir.

7. Benteng Vredeburg
Hari kedua di Jogja, lanjut ke Benteng Vredeburg. Museum yang ini ada di deket titik nol nya Jogja, di sebelah monumen "Serangan Umum 1 Maret". Ada 4 diorama yang lumayan besar di museum ini, dari jaman sebelum sampai sesudah kemerdekaan. Detail setiap dioramanya cukup menarik, ada beberapa layar touch screen yang berisi informasi tentang diorama tersebut yang bisa digunakan pengunjung. Tapi sayangnya ada beberapa yang mati karena sedang dalam perbaikan.



8. Ullen Sentalu
Ini adalah salah satu yang menurutku WAJIB dan HARUS banget untuk didatengi karena museum ini tuh baguuusss. Museum Ullen Sentalu ada di daerah Kaliurang, emang agak jauh dari kota Jogja, tapi buat yang belum pernah kesini, ini bisa dimasukin ke list tempat yang akan dikunjungi waktu liburan di Jogja. Dengan harga tiket masuk Rp. 30.000,00 (belum termasuk harga tiket masuk ke kawasan wisata Kaliurang yang aku lupa harganya berapa) kita bisa menikmati isi museum dengan ditemani seorang guide yang akan menjelaskan semua isi museumnya, bahkan dapet minuman khas keraton juga (semacam wedang jahe tp ada aroma kayu manisnya gitu). Guide yang disediakan untuk 1 rombongan sekitar 15 orang, dan ada waktu jeda antara rombongan pertama dan berikutnya untuk masuk museum, jadi ga perlu takut uyel-uyelan di dalem sana. 

Setelah disana aku baru tau kalo sebenernya nama Ullen Sentalu itu berasal dari singkatan "Ullating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku" yang artinya "nyala lampu blencong (lampu yang biasanya digunakan di pagelaran wayang kulit untuk menghasilkan bayangan) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan." Museum ini berisi peninggalan kesultanan Jogjakarta dan Surakarta. Ada lukisan, foto, batik, bahkan puisi disana, sayangnya kita ga boleh foto-foto selama di dalam museum, cuma boleh di area luarnya. Makanya aku bilang ini tuh wajib banget didatengi karena kamu ga akan pernah tau isi museumnya, ga bisa liat dari Instagram atau dimanapun karena kamu harus dateng sendiri untuk bisa lihat semua koleksinya.

9. Mie Bak Yeyen, Malioboro, dan Tugu Jogja
Tujuan selanjutnya sebenernya adalah Rahminten tapi ramenya sungguh kebangetan waktu itu, karena udah keburu laper akhirnya berniat cari makan di Malioboro aja. Pas lagi cari parkir, di pinggir jalan daerah Jalan Pajeksan (kalo dari arah Malioboro di sebelah kiri jalan) ada warung yang kayaknya baru buka, namanya Mie Bak Yeyen. Langsung pada tergiur pengen nyobain, bagi yang ga makan "Bak", disini juga jual mie ayam kok.
                       
                             photo by : @hachiimon
Mie Bak Spesial with Sosis Manis
Photo by : @hachiimon
Menurutku rasanya enak, perlu didatengi lagi kalo pas ke Jogja dan daerah Malioboro.
Bagi yang doyan belanja dan ga sempet ke pasar Bringharjo, belanja di Malioboro udah cukup lengkap untuk cari apapun yang mau dibeli di Jogja. Kayaknya semua udah pada tau lah ya tentang Malioboro, ga perlu dibahas lebih lanjut, langsung datengin aja.hehe.
Setelah makan, jalan keliling Malioboro dan jalan teruuuss sampe Tugu Jogja. Di deket tugu Jogja sekarang ada semacam diorama yang menjelaskan tentang garis imajiner di Jogja yang menghubungkan gunung merapi, tugu jogja, keraton, pangung krapyak, dan pantai selatan yang ada dalam satu garis lurus. Ada tulisan tentang sejarah tugu jogja juga disana.

Pas lagi duduk di deket tugu jogja, ada satu gerobak orang jual kopi yang cukup menarik, namanya "Koling" atau Kopi Keliling. Disini aku baru tau kalo mau bikin latte art ga perlu alat yang mahal-mahal. Disini masnya bikin cappuccino tanpa alat espresso ataupun milk frother yang mahal. Cukup pake coffee press, jadi susu kental manis yang udah diseduh air panas dikocok pake coffe press terus dituang ke kopi yang udah diseduh dengan coffee press juga. Disini kita bisa lihat kalo sebenernya mau jualan kopi enak ga perlu modal yang gede kayak cafe dengan peralatan mahal, cukup dengan niat yang besar aja (tapi ngumpulin niat yang besar dan percaya diri buat mulai usaha baru juga ga gampang sih ya).

Dan akhirnya jalan-jalan di Jogja selesai. Sebenernya aku juga kepingin ketemu sama patung Scrat nya Ice Age lagi kayak 2 tahun lalu, tapi ternyata jalannya lagi direnovasi dan ga tau patungnya dipindah kemana.
Tahun 2015

Jadi, itu list tempat yang bisa aku ceritain di post kali ini, semoga bermanfaat dan semoga aku segera jalan-jalan lagi yaaa :)

Komentar

  1. mie bak yeyen nya bikin penasaran lhooo,,, aku hobi banget... thanks ifo kulinernya yupsss.. klo kejogjaaa pinginnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Patut dicoba..semoga berjodoh sm mie nya dan suka ya

      Hapus

Posting Komentar