Bawa Aku Ke(m)Bali

Seingatku, aku baru ke Bali 4 kali selama 25 tahun terakhir ini. Waktu kecil banget (bahkan aku ga inget dulu jalan-jalannya kemana), waktu SMP bareng keluarga, waktu SMP bareng temen sekolah (acara perpisahan), dan terakhir tahun lalu (karena ada nikahan temen, jadi sekalian jalan-jalan bareng temen SMA, cerita selengkapnya ada di sini). Walaupun udah 4 kali, tapi aku merasa masih ada banyak tempat yang belum aku datengin di Bali, banyak hal yang belum aku coba di pulau Dewata ini. Bali terlalu luas untuk dijelajahi hanya dalam 4 kali liburan, terutama wisata alamnya.

Bali, September 2016
Ini adalah foto kepitingku tahun lalu di Bali. Bagi yang belum tahu, kepiting ini selalu ikut ke mana aja aku pergi, apalagi kalo pergi liburan. Ketika aku ga bisa foto dengan objek yang aku inginkan, kepiting ini yang ambil alih tugas untuk foto. Jadi semacam selfie yang terwakilkan. Nah, kepiting ini belum foto dengan banyak objek-objek dan latar belakang yang keren di Bali, sepertinya dia perlu diajak liburan ke Bali lagi.

Jadi, kalo ada yang nanya "Masih mau liburan ke Bali?" pasti aku jawab "MAUU". Apalagi kalo perginya gratisan "Mau bangeeett" hihihihi. Masih terlalu banyak keindahan Bali yang belum aku lihat dan rasakan langsung. Pulau ini menyimpan terlalu banyak keindahan, tradisi, kebudayaan yang sayang untuk dilewatkan.

Setelah lihat post di blog mbak @pungkyprayitno kalo bali funky mau traktir 4 orang blogger buat liburan bareng Pungky ke Bali (udah dibayarin, masih dikasi uang saku pula *mupeng*), langsung aku menyusun daftar tempat yang memang udah lama pengen aku kunjungi kalo dapet kesempatan ke Bali lagi.

1. Nusa Penida
Aku baru coba snorkeling sekali dan aku suka banget karena aku bisa lihat keindahan bawah laut yang jarang aku temui setiap hari (secara aku ga tinggal di Bikini Bottom). Waktu itu aku dapet kesempatan coba snorkelingnya di  pulau seribu dan teman-temanku cerita nusa penida itu keren buat snorkeling karena ada patung-patung yang di bawah air, dan setelah coba googling ternyata memang WOW banget pemandangannya. Snorkeling di spot ini bakal jadi pengalaman ga terlupakan pastinya.

photo by baliplus

Setelah aku cari-cari info lain tentang Nusa Penida, ternyata ga cuma bawah lautnya aja yang indahnya kebangetan, pantainya juga kece berat. Pulau ini punya banyak pantai cantik yang udah semakin populer di antara para wisatawan seperti pantai Atuh, Pasih Uug, Pasih Adung, Angel's Bilabong, dan Crystal Bay. Setiap pantai punya keindahannya masing-masing dengan deburan ombak dan bentuk karangnya yang khas.

photo by balifunky.com

2. Gunung Batur
Aku pernah naik ke gunung Semeru (meskipun belum sampai puncak) dan gunung Ijen (hampir 20 tahun lalu). Pengalaman naik gunung selalu menyenangkan dan menciptakan banyak cerita yang akan terus melekat di pikiranku. Nah, kayaknya seru juga nih nyobain naik gunung di luar pulau Jawa, kalau gunung Agung sepertinya terlalu tinggi buat didaki dalam waktu liburan yang singkat (semacam butuh tenaga ekstra buat mendaki 3.031 mdpl). Gunung Batur yang katanya tingginya sekitar 1.717 mdpl bisa jadi pilihan menarik. 
Photo by balifunky.com
Meskipun lebih rendah dari gunung Agung, tapi katanya jalur pendakian bukan yang gampang-gampang amat. Jalan yang harus dilalui lumayan menanjak dan licin, apalagi mendakinya saat pagi buta. Tapi demi melihat pemandangan yang apik aku rela sih meskipun harus jalan tengah malam. Melihat matahari terbit di puncak gunung Batur, menikmati Bali dari ketinggian, aku pengen banget merasakan langsung.
Photo by balifunky.com

3. Pura Ulun Danu
Masih punya uang Rp. 50.000,00 edisi kemarin? Ini lho pura dan danau asli yang dipakai untuk gambar di uang itu. Kepingin banget mampir kesana buat mbandingin sama uang yang masih aku punya.hehehe.
photo by wisatabaliutara.com
Pura ini adalah pura terbesar kedua di Bali setelah pura Besakih. Seperti pura lainnya, pura Ulun Danu juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah. Hal menarik dari pura ini yang tidak dimiliki pura lainnya adalah letaknya yang berada di Danau Beratan yang memantulkan setiap bangunan pura di permukaan airnya. Perpaduan antara pura yang indah dan danau yang cantik ini menarik aku buat mendekat ke sana.

4. Tegalalang
Menyusuri tegalalang dengan berjalan kaki, menikmati hamparan sawah hijau yang bertingkat-tingkat menjadi hal menarik juga buat aku. Mungkin ada yang berpendapat "apa sih, cuma sawah aja". Tapi dari yang CUMA sawah itu tercipta keindahan di balik kesederhanaan.

photo by balisukawanatour.com
Waktu melihat foto-foto Tegalalang ini, suasana pedesaan di Ubud sangat kental terasa, udara segar dan hijaunya sawah seolah menghipnotis setiap orang yang datang untuk menjadi tenang, sejenak melupakan kepenatan. Coba deh pejamkan mata sejenak, bayangkan kalian sedang menyusuri Tegalalang, bayangkan suara angin yang bertiup, membuat padi di sawah bergesekan menimbulkan suara alam yang indah dan rasakan ketenangan yang hinggap di pikiran kalian. Teduh banget ya suasananya, tiba-tiba lupa dengan kerjaan yang sedang menumpuk.

Biasanya wisatawan juga menikmati Ubud dan sawahnya dengan bersepeda. Ada jalur yang memang sudah biasa dipakai wisatawan untuk berkeliling dengan sepeda. Dengan mengayuh sepeda di Ubud kita akan merasakan terpaan angin di Bali sambil menikmati pemandangan hijaunya sawah yang terhampar di sepanjang jalan. 

5. Banyumala
Siapa sangka di ujung jalan setapak yang licin dan berbatu, yang kemudian dilanjutkan dengan menuruni tangga bambu ada air terjun yang indah yang menanti. Di antara hijaunya daun-daun yang tumbuh lebat disana, terlihat garis-garis air terjun yang mengalir pada permukaan bebatuan yang membuat air terjun itu nampak bercabang-cabang dengan indah.
Jika ingin menikmati Bali dengan kesegaran dan air jernihnya tentu pilihan yang tepat untuk datang ke tempat ini, di daerah Wanagiri, Buleleng. Air terjun Banyumala ini seolah menjadi hidden paradise yang sangat menarik. Menikmati keindahan dari tepi air terjun tidak akan pernah cukup, air segar itu seperti memanggil kita untuk merasakannya lebih dekat lagi.
Photo by sportourism.id
6. Taman Nusa
Bali ini semacam paket lengkap untuk berlibur, mau cari hiburan apa saja bisa ditemukan di tempat ini. Kalo mau ke tempat yang sangat ramai, penuh dengan hiruk pikuk manusia, ada. Kalau mau cari suasana yang tenang, ada. Cari petualangan ga terlupakan di dataran tinggi sampai dataran rendah bahkan sampai di bawah air, bisa. Dan kalau mau belajar tentang kebudayaan Indonesia, kamu juga bisa temukan di Bali, tepatnya di Taman Nusa. Bagi yang suka museum, mau mengenal negeri ini lebih dalam, wajib hukumnya untuk memasukkan Taman Nusa sebagai tujuan wisata saat ke Bali. Katanya disana ada replika rumah adat dari berbagai daerah, bahkan dilengkapi dengan petugas dari suku tersebut yang akan menjelaskan tentang kebudayaannya
photo by specindo.com
Tempat ini semacam TMII versi Bali, pengunjung bisa mengenal Indonesia dengan cara yang menyenangkan. Menurutku Bali merupakan tempat yang tepat untuk mendirikan tempat ini, karena sebagai tujuan utama wisatawan asing dan lokal untuk berlibur, Bali dapat memperkenalkan Indonesia melalui "Cultural Heritage Center"nya ini kepada wisatawan yang berkunjung.

7. Sungai Telaga Waja
Bagi yang ingin memacu adrenalin dengan olahraga air dan ingin mencoba jeram di Bali, rafting di sungai Telaga Waja bisa menjadi pilihan yang tepat. Rafting di sungai Telaga Waja sepanjang 16 km adalah rafting dengan jalur terpanjang, katanya bisa ditempuh dalam waktu 2,5 sampai 3 jam. Menurutku, karena sudah sampai di Bali, kalai mau coba rafting ya langsung aja sekalian pilih rafting dengan jalur yang paling panjang dengan jeram yang ga akan terlupakan. Di sepanjang sungai terdapat banyak batu-batu yang membuat rafting semakin menyenangkan dan katanya terdapat turunan setinggi 5 meter dengan kemiringan mencapai 50 derajat. 
Photo by wisatabaliutara.com

Duduk di perahu karet menikmati jeram di Telaga Waja, melihat Bali dari sudut pandang yang lain, membuat kita bisa mengenal Bali dari sisi yang baru.

Semua yang aku bilang serba "katanya" nih, karena memang belum cobain sendiri. Semua yang aku tulis ini hanya berdasarkan hasil lihat-lihat di google dan youtube. Semoga segera dapat kesempatan buat merasakan semuanya sendiri ya, biar "katanya" berubah jadi "kataku". (Amiiiinn). Dan semoga aku dapat kesempatan untuk ke(m)bali ke Bali.

"This post is my attempt to be chosen as 1 of the 4 winners of Bali Funky Blogger Hunt in collaboration with Pungky Prayitno" *cross finger*

Komentar

Posting Komentar