Percayalah, Indonesiamu Kaya

Pasti udah banyak yang tau kalau Indonesia itu kaya, tau dari buku pelajaran, dari berita di koran atau acara TV. Tapi masih banyak yang belum yakin kalau Indonesia itu memang beneran kaya.
Dulu aku juga gitu, tau tapi ga yakin karena belum lihat langsung betapa kayanya Indonesia.
Minggu lalu aku dapat kesempatan untuk hadir dalam acara "Malam Lintas Budaya" yang diselenggarakan oleh Sin Chung dan Ma Chung (2 sekolah ini merupakan sekolah etnis Tionghoa yang ditutup pada masa Orde Baru, tapi ikatan alumninya masih sangat kuat sampai sekarang). Acara malam itu merupakan pagelaran kebudayaan yang diadakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-72. Dari susunan acaranya terlihat banyak sekali UKM seni dari berbagai kampus di Malang dan Surabaya yang terlibat.

Selama kurang lebih 2 jam, kami disuguhi berbagai tari-tarian daerah, paduan suara yang menampilkan gerak dan lagu berbagai daerah. Masing-masing dengan pakaian daerah dan bahasa yang berbeda-beda. Bahkan latar belakang saat ada penampilan tarian dari suatu daerah juga disesuaikan dengan gambar rumah adat atau ciri khas daerah tersebut.

Tari Piring - Padang
Tari Jaripah - Banyuwangi

Paduan Suara Ma Rencong Rencong - Bugis
Paduan Suara Luk Luk Lumbu - Banyuwangi
Tari Degug - Kalimantan
Tari Bangbang Wetan - Jawa Timur

Paduan Suara UK Petra
Tari Banjar Kemuning - Sidoarjo
Tari Saman - Aceh
Dari tari-tarian itu terlihat bahwa setiap daerah punya karakter masing-masing. Ada tari-tarian yang ditampilkan dengan lemah lembut, ada yang harus tegas dengan hentakan hentakan sesuai dengan irama musik. Misalnya, ga mungkin tari dari papua ditarikan dengan lemah lembut, terasa kurang pas.
Selain tari daerah dari Indonesia, ada juga tari balet, tari dari China dan lagu mandarin yang dinyanyikan, serta ada tari Kebangkitan yang ditarikan oleh kelompok Xi Yang Hong Wudao Fang.
Tari Balet Klasik - Jasmin Flower
Tari Kebangkitan
Tari She Shan Chun
Tari Hua Er Man Man

Paduan Suara Yue Liang Dai Biao Wo De Xin
Kalo udah liat gini, baru deh yakin dan percaya Indonesia itu beneran kaya akan budayanya. Punya banyak banget suku, tari, bahasa, lagu daerah, rumah dan pakaian adat. Padahal yang aku lihat baru sebagian kecil aja loh. Mungkin butuh waktu berhari-hari untuk bisa lihat semua tarian daerah dari seluruh pelosok Indonesia. Banyak hal yang membedakan antar suku, tapi ketika dipersatukan akan membuat Indonesia semakin kaya.
Ini kita baru ngomongin kebudayaan aja lho, belum lagi keindahan alam, flora-fauna, hasil tambang, hasil hutan, dan lain-lainnya. Keren banget lah pokoknya, semoga makin banyak yang sadar kalo Indonesia itu kaya dan berusaha melestarikan kekayaan Indonesia ini ya. Karena untuk jenis kekayaan seperti ini, semakin di-eksplor Indonesia akan semakin kaya, kekayaannya justru akan habis ga bersisa kalau tidak ditampilkan dan kemudian dilupakan, tinggal cerita.
Selamat ulang tahun ya Indonesiaku. Maafkan aku yang pernah meragukan kekayaanmu.
Semoga semakin kaya, semakin jaya.


Komentar